Call Our Toll-Free Number: 123-444-5555

Fasilitas Umum Universitas Jember

Universitas Jember memiliki beberapa gedung, lapangan, wisma, dan kendaraan penunjang kegiatan yang tersebar di seluruh wilayah kampus.

Gedung Soetardjo
Gedung ini merupakan gedung serbaguna yang terletak di Jalan Kalimantan Nomor 29 bersebelahan dengan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember. Luas gedung kurang lebih 2.021,72 meter persegi tidak termasuk lapangan parkir. Gedung ini mempunyai beberapa bagian, di antaranya ruang utama, ruang lobby, panggung atau stage, ruang rias, kamar kecil, ruang tiket, ruang satpam, lapangan parkir dalam, lapangan parkir timur dan lapangan parkir utara. Selama ini gedung Soutardjo dimanfaatkan untuk beberapa aktivitas antara lain: penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN, UM Unej), Program Pengenalan kampus (PK2), acara ceremonial lain seperti wisuda, dies natalis, pelantikan pejabat baru, pengukuhan guru besar, seminar, workshop, pelatihan, pameran, kompetisi/kejuaraan, juga acara-acara yang diselenggarakan oleh masyarakat umum seperti try out, exhibisi, pameran produk, lomba, dsb. Khusus untuk kegiatan musik/band/live concert, banyak memanfaatkan lapangan parkir utara yang lebih luas dan mudah aksesnya.

Gedung Soetardjo Universitas Jember

Gedung Soetardjo Universitas Jember

Gedung Soetardjo Universitas Jember

Gedung Soetardjo Universitas Jember

Gedung Soetardjo Universitas Jember

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)
Gedung PKM terletak di Jalan Kalimantan Nomor 27, satu ruas jalan dengan gedung Soetardjo, bersebelahan dengan gedung Gedung Campus Center. Gedung ini mempunyai komposisi yang hampir sama dengan Gedung Soetardjo, seperti: ruang utama, ruang pertunjukkan, ruang rias, ruang lobby, dan lapangan parkir. Ukuran Gedung PKM kurang lebih 1.917 meter persegi. Pada saat ini PKm banyak digunakan untuk kegiatan daftar ulang PMDK (Penelusuran Bakat dan Kemampuan), pertunjukan teater, pertunjukkan film dokumenter, seminar, workshop, pelatihan, launching buku, dan beberapa kegiatan internal universitas.

Gedung Sport-Hall
Gedung ini tidak begitu dikenal oleh sivitas akademika Universitas Jember karena letaknya agak tersembunyi (di belakang Gedung PKM, di antara lapangan tenis dan lapangan basket) dan ukurannya sangat kecil (kurang lebih 120 meter persegi). Sport-Hall biasanya digunakan untuk latihan dan pertandingan tenis meja, namun kemudian berkembang menjadi tempat latihan UKM Kesenian, seperti latihan drama, tari, wayang, ketoprak dan sejenisnya. 

Stadion
Stadion terletak di belakang Gedung Soetardjo. Lapangan stadion biasa digunakan untuk pertandingan-pertandingan olahraga sepakbola. Selain itu, stadion juga dimanfaatkan untuk kegiatan upacara pelantikan mahasiswa baru yang diselenggarakan di awal ajaran baru. Luas lapangan Stadion kurang lebih 10.000 meter persegi. Di sekeliling stadion terdapat tribun tempat duduk penonton menikmati pertandingan. Di sisi lain juga terdapat ruang ganti, ruang tiket, ruang satpam, dan kamar kecil.


Stadion Universitas Jember




Lapangan Timur Perpustakaan
Lapangan ini terletak di sebelah timur gedung Perpustakaan. Pemanfaatannya lebih sering digunakan untuk kegiatan upacara. Luasnya kurang lebih 10.000 meter persegi yang di kedua ujungnya terdapat gawang sehingga kadang-kadang digunakan untuk latihan sepak bola.


Lapangan Universitas Jember


Lapangan Universitas Jember


Masjid Universitas Jember
Masjid Universitas Jember terletak di sebelah kiri Doubel W Unej. Secara rutin masjid ini di gunakan untuk sholat berjamaah dan setiap hari jumat digunakan untuk malaksanakan sholat jumat.



Masjid Universitas Jember

Masjid Universitas Jember

Masjid Universitas Jember

Lapangan Tenis
Lapangan tenis terletak di belakang Gedung PKM. Terdapat dua lapangan, di sebelah barat dan timur, keduanya menghadap utara dan selatan. Pemanfaatan lapangan ini tidak lain hanya untuk latihan dan pertandingan tenis. Hampir setiap hari (khususnya sore hari) lapangan ini digunakan untuk kegiatan latihan, sedangkan pada hari-hari libur digunakan untuk pertandingan tenis (persahabatan, dies natalis, dan lomba). Fasilitas lain di lapangan ini yaitu lapangan utama, tempat istirahat pemain, dan kamar kecil.


Lapangan Tenis Universitas Jember

Lapangan Tenis Universitas Jember

Lapangan Tenis Universitas Jember

Lapangan Voli
Lapangan ini terletak di sebelah barat stadion. Terdapat empat lapangan yang sering digunakan untuk latihan di sore hari hari atau jumat pagi. Namun kadang-kadang kegiatan voli juga bisa memanfaatkan lapangan lain seperti lapangan basket yang ada di belakang gedung UMC, Lapangan Basket Fakultas Ekonomi, FKIP, FMIPA, dan Fakultas Teknik.

Lapangan Basket Universitas Jember


Lapangan Basket Universitas Jember


Wisma Tamu
Terdapat tiga wisma tamu yang dimiliki Universitas Jember yaitu wisma A, wisma B dan wisma C yang ketiganya digunakan untuk sebagai tempat penginapan sementara bagi tamu dari kalangan dosen, mahasiswa, atau dari kalangan instansi lain.

Bus
Bus yang dimiliki oleh Unej sejumlah empat unit dengan dua bis berkapasitas 28 orang dan dua minibus dengan kapasitas 14 orang.

Setiap mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut dengan ketentua-ketentuan yang berlaku.



Kunjungi juga artikel yang lain :
Potret Universitas Jember
Lomba Blog Unej
FKIP Universitas Jember
Fasilitas Umum Universitas Jember
History of Jember University
Catatan Wajib Maba Unej
Sosok Inspiratif Universitas Jember
SBMPTN 2013
UM Universitas Jember


2 komentar:

  1. Kalo mau merenovasi lapangan tenis percayakan pada kami.kami tenaga spcialus pembuat dan renovasi lapangan tenis hub kami 082142255919 eko setyawan

    BalasHapus
  2. Kalo mau merenovasi lapangan tenis percayakan pada kami.kami tenaga spcialus pembuat dan renovasi lapangan tenis hub kami 082142255919 eko setyawan

    BalasHapus

About

Contact Details