Call Our Toll-Free Number: 123-444-5555

SHARING ILMU DARI PELATIHAN BLOG UNEJ

Pelatihan Blog Unej
Search Engine Optimation
Sharing ilmu itu penting, kata pepatah, orang yang banyak mensharingkan ilmunya, ilmunya tidak akan bertambah habis, melainkan akan bertambah banyak, oleh karena itu, kali ini saya mau sharing ilmu tentang SEO (Search Engine Optimation) meliputi SEO ON PAGE & SEO OFF PAGE yang q dapat dari Pelatihan Blog yang diadakan oleh Himasif Universitas Jember. Berikut penjelasannya :)
SEO ON PAGE
Teknik SEO On Page adalah salah satu tehnik mengoptimasi web/blog dengan cara mengoptimalkan kualitas konten web/blog (apa yang tampak di halaman web/blog kita), sehingga website kita tidak hanya disukai oleh pembaca, akan tetapi juga disenangi oleh search engine. Seringkali banyak pihak menyarankan  anda  untuk  lebih  memperhatikan  dan  memprioritaskan  teknik  SEO On  Page  ini ketimbang teknik SEO Off Page.  Sebab menurutnya,  tanpa teknik SEO On Page yang bagus, maka percuma  anda  menitipkan  backlink  ke  mana-mana  sementara  saat  ini  search  engine  lebih memprioritaskan kualitas konten blog kita. Selain originalitas sebuah artikel, teknik penulisan artikel merupakan salah satu aspek yang paling berpengaruh di sini. Teknik penulisan yang baik menurut SEO On Page adalah:
  • Tulis judul, artikel dan tagas yang menarik. Sisipkan keyword yang anda bidik. Di antaranya: Telkomsel  Flash  koneksi  internet  pilihan  anak  sekolah,  Kartu As  gratis  bicara  dan  SMS sepuasnya khusus member sekolah. Banyaknya: minimal 1 dan maksimal 2 di setiap paragraf untuk menjaga keyword density (kerapatan kata kunci) antara 2 - 3% dari  total  kata yang ada.  Terlalu  banyak  memasang  kata  kunci  akan  dianggap  oleh  Google  sebagai  praktek keyword stuffing (pemaksaan kata kunci berulang2 yang berlebihan). 
  • Di setiap kata kunci yang anda sisipkan, beri penekanan, seperti dicetak tebal, atau miring. Atur judul sebagai H-1 (Heading 1), Sub Judul 1 sebagai H-2 (Heading 2), dan seterusnya. Di sini, Google akan mengetahui prioritas dari tulisan anda.Gunakan  teknik  optimasi  SEO  On  Page  melalui  penggunaan  gambar  di  setiap  artikel. Caranya, beri nama setiap file gambar anda dengan kata kunci yang anda target. Sebab kini image seringkali dimasukkan di halaman pertama hasil pencarian.
  • Berikutnya, hubungkan  antara  satu  artikel  ke  artikel  lain  melalui  related  post.  Atau, cantumkan link yang mengarah ke halaman home. Tujuannya, agar pengunjung dapat betah berlama-lama membaca informasi  di  blog anda.  Semakin betah pengunjung di  blog anda, maka Google menilai semakin tinggi kualitas konten blog anda.Selebihnya ada pada kualitas konten. Selain orisinil, setidaknya ada nilai kebermanfaatannya bagi  pembaca.  Anda bisa mulai  menulis review sesuai  yang ditentukan:  Telkomsel  Flash, Program CUG (Close User  Group),  Jagoan Hosting,  dan di  luar  tulisan tersebut,  peserta dibolehkan untuk menulis content yang sesuai minat masing-masing.
SEO OFF PAGE
SEO off page yakni suatu teknik optimasi blog atau website dengan melakukan penanaman backlink blog kita ke blog lain. Meskipun saat ini google lebih mementingkan kualitas konten (SEO On Page), akan tetapi  backlink masih menjadi  salah satu cara ampuh dalam melakukan SEO. Perlu diingat, ketika  menanam  backlink,  anda  tidak  boleh  sembarangan.  Anda  harus  mencari  situs  yang berkualitas. Yaitu: 
  • Website  dengan  Page  Rank  tinggi.  Check  pagerank  sebuah  website  di  sini: http://www.prchecker.info/check_page_rank.php  
  • Cari backlink dari website dengan isi konten yang relevan. Artinya, jika fokus website anda adalah travelling, jangan memasang keyword pada website masak memasak. 
  • Carilah backlink dari  website-website edu dan goverment.  Sebab pada dasarnya,  Google mementingkan website-website jenis ini secara sosial. 
  • Hal penting yang harus anda hindari dalam melakukan teknik SEO Off Page adalah jangan terbiasa menyebar backlink (spinning) kala usia blog anda masih baru. Jika overdo, maka bisa saja blog anda justru dikategorikan sebagai spam. Kali ini kita akan belajar bagaimana teknik spinning tepat guna. 
  • Buat blog versi abal-abal (blog dummy) di situs gratisan seperti  http://www.blogspot.com. Namanya terserah anda.  Namun lebih baik jika nama domain mengandung keyword yang anda target. Berikut daftar situs gratisan yang dapat anda manfaatkan. Semakin banyak blog dummy, maka semakin baik.
  • Setiap anda selesai  posting di website utama anda, copy-paste tulisan anda ke blog-blog dummy yang telah anda buat. Usahakan tulisan yang anda copy-paste dibedakan pada masing-masing blog  dummy. Misalnya mengganti semua  kata ‘tetapi’ menjadi ‘namun’ kemudian ‘meski begitu’, dlsb. Sebab jika terlalu sama persis, maka Google justru bisa saja mengkategorikan website anda sebagai spam. 
  • setiap tulisan di blog dummy, pasang backlink yang mengarah ke website asli anda. Sekarang,  spin semua tulisan anda (tulisan di  website asli  maupun di  website dummy) ke situs  Social  Bookmark. Berikut daftar Social bookmark yang dapat anda manfaatkan (beberapa situs Social bookmark membutuhkan registrasi terlebih dahulu).
  • Kemudian yang lebih penting lagi,  spin tulisan-tulisan anda di  situs-situs Social  Bookmark Indonesia berikut ini:
  • Lakukan secara rutin, begitu tulisan-tulisan fresh harian anda dirilis ke website. Jangan lupa daftarkan juga RSS feed blog anda di  situs-situs feed berikut.  RSS feed pada Wordpress seharusnya bisa diakses pada URL seperti  http://abc.com/feed (Ganti  abc.com dengan nama domain anda).
  • Editor note:  Setiap URL-URL di  atas mungkin sewaktu-waktu tidak semuanya aktif.  Maka gunakan saja yang aktif. Nilai plusnya adalah, jika anda dapat menemukan lebih banyak lagi URL bantuan. Selamat bereksplorasi.
Kini, kalian udah tahu semua dasar tentang SEO. Berikutnya, silakan kembangkan lagi

0 komentar:

About

Contact Details